Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

5 langkah membuat video pembelajaran yang keren


Sakalangkong.com - Untuk Guru Indonesia.
Video pembelajaran adalah sebuah media pembelajaran yang menggunakan format video sebagai alat untuk menyampaikan informasi atau materi pembelajaran. Dalam video pembelajaran, pembelajaran dapat disajikan dalam bentuk narasi, animasi, simulasi atau gabungan dari beberapa format tersebut. Tujuan dari video pembelajaran adalah untuk membantu siswa dalam memahami konsep atau materi yang diajarkan dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami. Video pembelajaran dapat digunakan sebagai pelengkap atau bahkan pengganti pengajaran langsung, terutama dalam situasi di mana akses ke pengajaran langsung terbatas, seperti ketika siswa berada di luar kelas atau pada masa pandemi COVID-19 di mana pembelajaran jarak jauh menjadi keharusan.

Berikut 5 langkah membuat video pembelajaran yang keren 
  1. Rencanakan dan persiapkan skrip yang baik: Sebelum memulai proses pengambilan gambar, Anda perlu membuat skrip terlebih dahulu. Skrip harus mengikuti urutan logis dalam memberikan informasi. Pastikan untuk mengorganisir konten sesuai dengan topik dan tujuan pembelajaran. Selain itu, gunakan bahasa yang mudah dipahami dan jangan lupa untuk menyertakan ilustrasi, gambar atau video pendukung.

  2. Gunakan alat pengambilan gambar yang tepat: Pemilihan alat pengambilan gambar yang tepat seperti kamera yang baik atau perangkat lunak pengeditan video yang handal dapat membuat perbedaan besar dalam hasil akhir video pembelajaran Anda. Pastikan untuk memilih alat yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda.

  3. Pilih tempat yang cocok: Pemilihan lokasi yang cocok juga sangat penting dalam pembuatan video pembelajaran yang baik. Pastikan bahwa tempat tersebut cukup terang dan tidak terlalu bising. Jika menggunakan green screen, pastikan bahwa benda-benda di sekitar tidak memantulkan warna hijau.

  4. Buat visual yang menarik: Video pembelajaran yang menarik harus memiliki visual yang menarik. Pastikan bahwa warna dan font yang digunakan mudah dibaca dan cocok dengan tema dan topik. Gunakan animasi atau grafik yang menarik untuk menyoroti atau memberikan efek visual.

  5. Edit video secara cermat: Terakhir, pastikan untuk mengedit video secara cermat untuk menghasilkan video yang berkualitas dan menarik. Jangan ragu untuk memotong bagian yang tidak diperlukan atau menambahkan efek visual yang menarik. Gunakan musik dan suara latar yang sesuai untuk meningkatkan kualitas video pembelajaran Anda.


Semoga bermanfaat !

Posting Komentar untuk "5 langkah membuat video pembelajaran yang keren "