Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ada Apa dengan Guru Penggerak ?



sakalangkong.com - Untuk Guru Indonesia. 
Sebuah website bermodal semangat untuk mengumpulkan yang tercecer menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk kemajuan pendidikan Indonesia.

sakalangkong.com menyampaikan terimakasih (sakalangkong) kepada guru-guru Indonesia yang tanpa kenal lelah mengabdi untuk negeri. Semoga menjadi amal ibadah yang diterima disisi Allah SWT. Aamin.

Sebagai ungkapan rasa syukur sakalangkong.com akan berbagi tentang siapa itu guru penggerak ?

Guru penggerak adalah seorang guru yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam memotivasi siswa untuk belajar dan mengembangkan potensi mereka. Guru ini tidak hanya mengajarkan materi pelajaran, tetapi juga berperan dalam membantu siswa meraih cita-citanya. Guru penggerak memiliki pengaruh besar dalam membentuk kepribadian dan karakter siswa, sehingga menjadi penting bagi setiap sekolah untuk memiliki guru yang mampu menjadi penggerak bagi siswa-siswanya.


Guru penggerak memiliki beberapa karakteristik yang membedakannya dari guru-guru lainnya. Pertama-tama, guru ini memiliki kemampuan untuk memotivasi siswa untuk belajar. Mereka memahami bahwa setiap siswa memiliki potensi yang berbeda-beda dan mereka berusaha untuk membangkitkan semangat belajar siswa dengan cara yang tepat untuk masing-masing siswa. Guru penggerak juga memperhatikan perkembangan siswa dan memberikan umpan balik yang konstruktif untuk membantu siswa memperbaiki diri.

Selain itu, guru penggerak juga memiliki kemampuan untuk menciptakan suasana kelas yang nyaman dan kondusif bagi siswa. Mereka memperhatikan kebutuhan fisik dan emosional siswa dan menciptakan suasana yang ramah dan terbuka. Dengan suasana yang demikian, siswa merasa nyaman untuk berbicara dan berinteraksi dengan guru dan teman sekelasnya, sehingga dapat meningkatkan pembelajaran.

Guru penggerak juga memiliki kemampuan untuk menginspirasi dan memberikan contoh yang baik bagi siswa. Mereka menunjukkan bagaimana siswa dapat mencapai cita-citanya melalui kerja keras dan dedikasi. Guru penggerak juga menjadi teladan bagi siswa dalam hal sikap, nilai, dan etika yang baik. Hal ini dapat membantu siswa mengembangkan karakter yang kuat dan mampu menghadapi tantangan hidup.

Dalam mengajar, guru penggerak juga menggunakan berbagai metode dan strategi yang inovatif untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Mereka menggunakan teknologi modern, melakukan proyek-proyek praktis, dan membuat suasana kelas yang aktif dan kreatif. Dengan demikian, siswa dapat lebih terlibat dan merasa antusias dalam belajar.

Dalam perannya sebagai guru penggerak, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi. Pertama, guru penggerak harus mampu memahami perbedaan individual siswa dan memberikan perhatian khusus pada setiap siswa. Kedua, guru penggerak juga harus memiliki keterampilan interpersonal yang kuat dan dapat membangun hubungan yang baik dengan siswa dan orang tua siswa. Ketiga, guru penggerak juga harus terus meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka agar dapat memberikan pengajaran yang efektif dan inovatif.

Dalam kesimpulannya, guru penggerak sangat penting bagi perkembangan siswa dan pendidikan. Mereka memiliki kemampuan untuk memotivasi siswa, menciptakan suasana kelas yang nyaman, memberikan inspirasi dan contoh yang baik, menggunakan metode dan strategi inovatif, serta menghadapi tantangan yang muncul. Tetap Semangat.

Posting Komentar untuk "Ada Apa dengan Guru Penggerak ?"