Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

HINDARI TIDUR DI TIGA WAKTU INI

Pertama, tidur setelah shalat Subuh sampai terbitnya matahari. Menurut para ulama, tidur di waktu ini akan menjadikan orang yang melakukannya terhalangi mendapatkan berkahnya rezeki dan umur. Sebab pada waktu ini Allah banyak menurunkan keberkahan dan rizeki pada hamba-Nya.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Habib Zain bin Smith dalam kitab Fawaid Al-Mukhtarah berikut :

ﺍﻟﻨﻮﻡ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺼﺒﺢ ﻳﺬﻫﺐ ﺑﺮﻛﺔ ﺍﻟﺮﺯﻕ ﻭﺍﻟﻌﻤﺮ ﻷﻥ ﺑﺮﻛﺔ ﻫﺬﻩ ﺍﻷﻣﺔ ﻓﻰ ﺍﻟﺒﻜﻮﺭ ﻭﻫﻮ ﺑﻌﺪ ﺻﻼﺓ ﺍﻟﻔﺠﺮ ﺇﻟﻰ ﻃﻠﻮﻉ ﺍﻟﺸﻤﺲ

Tidur setelah Subuh menghilangkan berkah rezeki dan berkah umur, sebab berkahnya umat ini ada di waktu pagi, yakni waktu setelah shalat Subuh sampai terbitnya matahari.

Kedua, tidur setelah Ashar. Tidur pada waktu ini berisiko mengurangi daya aktif akal pelakunya. Ini sebagaimana disebutkan dalam sebuah riwayat yang diriwayatkan oleh Imam Al-Dailami berikut :

ﻣَﻦْ ﻧَﺎﻡَ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟْﻌَﺼْﺮِ ﻓَﺎﺧْﺘُﻠِﺲَ ﻋَﻘْﻠُﻪُ ﻓَﻠَﺎ ﻳَﻠُﻮﻣَﻦَّ ﺇِﻟَّﺎ ﻧَﻔْﺴَﻪُ

Barangsiapa tidur setelah waktu Ashar, lalu hilang akalnya. Maka jangan pernah salahkan kecuali pada dirinya sendiri.

Ketiga, tidur sebelum melaksanakan shalat Isya. Ini berdasarkan hadis riwayat Imam Al-Bukhari dari Abu Barzah, dia berkata :

ﻛَﺎﻥَ ﻳَﻜْﺮَﻩُ ﺍﻟﻨَّﻮْﻡَ ﻗَﺒْﻞَ ﺍﻟﻌِﺸَﺎﺀِ ﻭَﺍﻟﺤَﺪِﻳﺚَ ﺑَﻌْﺪَﻫَﺎ

Sesungguhnya Rasululullah tidak senang tidur sebelum shalat Isya dan berbincang-bincang setelah shalat Isya.

Dalam kitab ‘Umdatul Qari Syarh Shahih Al-Bukhari, Syaikh Badruddin Al-‘Aini menyebutkan alasan kemakruhan tidur sebelum shalat Isya ini. Beliau berkata sebagai berikut :

ﻭَﺃﻣﺎ ﺳَﺒَﺐ ﻛَﺮَﺍﻫَﺔ ﺍﻟﻨّﻮﻡ ﻗﺒﻠﻬَﺎ ﻓَﻠِﺄَﻥ ﻓِﻴﻪِ ﺗﻌﺮﺿﺎ ﻟﻔَﻮَﺍﺕ ﻭَﻗﺘﻬَﺎ ﺑﺎﺳﺘﻐﺮﺍﻕ ﺍﻟﻨّﻮﻡ، ﻭَﻟِﺌَﻠَّﺎ ﻳﺘﺴﺎﻫﻞ ﺍﻟﻨَّﺎﺱ ﻓِﻲ ﺫَﻟِﻚ ﻓﻴﻨﺎﻣﻮﺍ ﻋَﻦ ﺻﻠَﺎﺗﻬَﺎ ﺟﻤَﺎﻋَﺔ

Adapun sebab makruhnya tidur sebelum Isya adalah karena akan berpotensi hilangnya waktu Isya dengan menghabiskan waktu untuk tidur dan juga supaya orang-orang tidak menganggap enteng hal demikian, hingga mereka tidur dan meninggalkan shalat Isya secara berjamaah.

ﺍَﻟﻠّٰـــــــــﻫُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠٰﮯ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻭَﻋَﻠٰﮯ ﺃَﻝِ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﻓِﮯ ﺍﻟْﺄَﻭَّﻟِﻴْﻦَ ﻭَﺍﻟْﺄَﺧِﺮِﻳْﻦَ ﻭَﻓِﮯﺍﻟْﻤَﻠٓﺎﺀِ ﺍﻟْﺄَﻋْﻠَﮯ ﺇِﻟَﮯ ﻳَﻮْﻡِ ﺍﻟﺪِّﻳْﻦِ,,

Posting Komentar untuk " HINDARI TIDUR DI TIGA WAKTU INI"