Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Dalam Tidur Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Kuat

ٱلسـلام عليكم ورحمة ٱلله وبركاته

Semangat Subuh
*DALAM TIDUR YANG SEHAT, TERDAPAT JIWA YANG KUAT*

Pada tahun 2006 seorang ibu di Singapura bernama Anita Moorjani mengalami koma selama 30 jam karena penyakit kanker sel darah putih yang dideritanya. Seluruh organ tubuhnya tidak lagi berfungsi dan harapan hidupnya sangat kecil.

Namun tanpa diduga ia sadar dari komanya, sehingga dokter kembali melanjutkan pengobatan. Seperti sebuah keajaiban, sejak peristiwa tersebut ia berangsur membaik. Hampir 70% kanker yang dideritanya menyusut dalam hitungan hari.

Bahkan dalam lima bulan ia dinyatakan sembuh dan hanya membutuhkan fisioterapi selama beberapa bulan berikutnya. Pengalaman ini ditulisnya dalam buku berjudul _Dying to be Me_ yang menjadi salah satu buku best seller versi New York Times.

Apa yang ia rasakan ketika mengalami koma tersebut? Anita Moorjani bercerita bahwa seolah ia mendapatkan pencerahan tentang penyebab semua penyakit ini. Yaitu kebiasaannya yang selalu "tidur sambil membawa emosi negatif."

Ia berjanji pada dirinya apabila mendapat kesempatan kedua, akan perbaiki satu hal tersebut. Ketika kemudian sadar, maka mulailah ia mengubah kebiasaan tidurnya.

Setiap malam, Anita akan evaluasi diri sebelum tidur. Apakah pada siang tadi ada orang yang membuatnya marah? Maka ia segera memaafkan detik itu juga. Apakah pada siang tadi ada peristiwa yang membuatnya kecewa? Maka ia segera merelakan hal itu menjadi bagian dari masa lalu.

Demikianlah semua emosi negatif seperti marah, dendam, kecewa, frustasi, dan sebagainya harus sudah dibuang dari pikirannya sebelum tidur. Anita hanya akan tidur jika ia sudah penuh dengan emosi positif seperti tenang, damai, memaafkan, optimis, dan sebagainya.

Saya sendiri pernah mencari informasi ilmiah tentang hal ini, ternyata benar menurut pendapat banyak dokter dan penelitian di beberapa Universitas di Inggris dan China, bahwa tidur dengan emosi negatif menyebabkan sel-sel otak tak bekerja dengan baik.

Hal luar biasa yang ingin saya sampaikan kepada Anda, bahwa ternyata adab tidur yang dicontohkan Rasulullah adalah yang terbaik dalam hal kesehatan. Diawali berwudhu, berdoa dan berzikir sebelum tidur, lantas membaca beberapa surat Al-Quran seperti Al-Mulk.

Tak cukup di sini, setelah semua rangkaian adab yang menenangkan di atas, Anda bisa mulai menutup mata sambil memaafkan semua orang yang berbuat salah pada Anda. Diakhiri dengan mendoakan keluarga, saudara dan sahabat dengan kebahagiaan dan keberkahan.

Hal inilah yang dahulu dirutinkan seorang sahabat, yang diberi kabar gembira oleh Rasulullah bahwa ia adalah calon penghuni surga. Bukan karena shalatnya hebat atau sedekahnya dahsyat, melainkan karena sebelum tidur ia memaafkan orang lain.

Tidurlah seperti seorang bayi yang damai, niscaya Anda akan mendapatkan _good quality sleep._ Tubuh jadi sehat, penyakit cepat hilang, tahajud dalam keadaan bugar, dan dosa diampuni.

✏️ _Sahabatmu, Arafat._

https://t.me/semangatsubuh

Selamat menjalankan ibadah sholat subuh, semoga Allah menerima amal ibadah kita Aamiin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari sakalangkong.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Guru Indonesia", caranya klik link https://t.me/guruindonesiagroup, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Posting Komentar untuk "Dalam Tidur Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Kuat"