Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Gebyar Muharam 1446 H : Harmoni Spiritual di Pondok Pesantren Daarus Salam 2 Omben Sampang


sakalangkong.com - EDUNEWS. Malam Minggu tepatnya  tanggal 6 Juli 2024, halaman Pondok Pesantren Daarus Salam 2 di Omben Sampang dipenuhi dengan semangat dan antusiasme yang luar biasa. Jam menunjukkan pukul 19.30, dan suasana sudah ramai dengan kehadiran para santri, ustadz, ustadzah, alumni, dan wali santri. Acara Gebyar Muharam 1446 H siap dimulai, mengisi malam tahun baru dengan berbagai kegiatan yang penuh makna dan kebahagiaan.

Langit malam yang cerah menjadi saksi ketika KH. Hakam Asyari memimpin pembacaan surat Al-Fatihah. Dengan khidmat, beliau memulai acara dengan doa pembuka Surat Al Fatihah, mengundang ketenangan dan kekhusyukan di hati setiap yang hadir. Lantunan doa pembuka ini diikuti oleh semua hadirin, menjadi tanda dimulainya acara yang telah dinantikan dengan penuh antusiasme.

Setelah pembukaan, suasana menjadi hening dan khusyuk saat Ubaidillah dan Al Fatih Firdaus memulai pembacaan Kalam Ilahi dengan membaca surat At-Tin. Lantunan ayat-ayat suci Al-Quran yang dibacakan dengan suara merdu dan penuh penghayatan menggema di seluruh halaman pondok pesantren. Setiap bait yang dilantunkan mampu menyentuh hati dan membawa ketenangan bagi setiap yang mendengarkan.

Melanjutkan acara, KH. Hakam Asyari memimpin pembacaan tahlil. Semua hadirin mengikuti dengan khusyuk, memanjatkan doa-doa untuk keselamatan dan kesejahteraan umat Islam. Tahlil ini tidak hanya menjadi ritual, tetapi juga momen refleksi bagi semua yang hadir untuk merenungkan makna kehidupan dan kebersamaan dalam komunitas pondok pesantren.

KH. Taufikurrohman Asyari kemudian mengambil alih panggung untuk memimpin pembacaan doa awal tahun. Doa ini menjadi harapan agar tahun yang baru ini membawa berkah, kesehatan, dan kemajuan bagi semua. Seusai doa, beliau menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan acara Gebyar Muharam 1446 H ini. “Kami sangat berterima kasih kepada semua yang telah mendukung, baik panitia, para santri, alumni, dan wali santri. Tanpa dukungan kalian, acara ini tidak akan bisa berjalan dengan meriah,” ujar beliau dengan penuh rasa syukur. Ucapan ini disambut dengan tepuk tangan yang gemuruh, menandakan rasa syukur dan kebersamaan yang kuat di antara semua yang hadir. Setelah itu, beliau mengajak seluruh hadirin untuk minum susu bersama, sebuah tradisi yang melambangkan harapan untuk kekuatan dan kesehatan. Gelas-gelas susu diangkat serempak, dan suasana menjadi hangat dengan kebersamaan yang terjalin di momen ini.

Rangkaian acara malam berikutnya Mauidhotul Hasanah oleh KH. Fauzan Asyari. Mengusung tema “Kewajiban Orang Tua kepada Anak”, beliau menyampaikan ceramah dengan gaya yang ramah dan penuh dengan kebijaksanaan. “Anak adalah titipan Allah. Orang tua harus mendidik mereka dengan ilmu agama dan akhlak yang baik,” ujar beliau. Setiap kalimat yang disampaikan menjadi pengingat penting bagi semua orang tua yang hadir untuk terus membimbing dan mendidik anak-anak mereka dengan penuh kasih sayang.

Acara dilanjutkan dengan Hotmil Qur'an yang dilakukan oleh santri dan santriwati Pondok Pesantren Daarus Salam 2. Mereka memulai pembacaan dari surat Al-Asr hingga surat Al-Ikhlas, serta surat-surat pendek lainnya pada juz 30. Setiap surat dibaca dengan tajwid yang benar, diikuti dengan penjelasan mendalam tentang aturan tajwidnya. Suasana malam yang tenang semakin syahdu dengan bacaan Al-Quran yang mengalun indah, menambah kekhidmatan dan kesucian acara ini. Para undangan diajak untuk membedah surat Al-Qoriah, didampingi oleh para santri yang menguasai ilmu tajwid dengan baik. Setiap ayat dipelajari secara mendalam, memperkaya pemahaman tentang makna Al-Quran.
Setelah hotmil Alquran dilanjutkan dengan wisuda peserta Al-Quran yang berhasil menyelesaikan bacaan Al-Quran. Mereka merayakan prestasi mereka dengan penuh kebanggaan dan haru, dihadiri oleh keluarga dan teman-teman yang memberikan dukungan mereka.
Santuan anak yatim menjadi rangkaian acara yang membuat haru. Sejumlah anak naik ke panggung menerima santuan untuk meringankan beban hidup khususnya dalam menempuh pendidikan di sekolahnya.

Setelah rangkaian acara yang penuh khidmat, suasana berubah menjadi lebih ceria dengan penampilan tari kreasi dan seni oleh para santri dan santriwati. Mereka menampilkan tarian tradisional yang dikombinasikan dengan kreativitas modern, menunjukkan bakat dan keahlian mereka. Selain tarian, ada juga penampilan pidato, dan pentas seni lainnya Serta pembagian hadiah lomba yang menghibur sekaligus mendidik. Setiap penampilan mendapat aplaus meriah dari penonton yang tampak menikmati setiap momen. 

Menjelang akhir acara, suasana kembali tenang saat doa penutup dipanjatkan. Doa ini menjadi harapan agar semua kegiatan yang dilakukan malam itu mendapatkan ridho Allah SWT dan membawa berkah bagi semua. Doa ini juga menjadi penutup yang sempurna untuk malam yang penuh dengan kehangatan, kebersamaan, dan spiritualitas. Doa dipimpin oleh nyai Sepuh Pondok pesantren Daarus Salam 2, Nyai Hj. Wakiah.

Antusiasme para undangan, baik itu alumni, wali santri, maupun masyarakat sekitar, sangat terlihat sepanjang acara. Mereka hadir dengan penuh semangat, mendukung dan merayakan bersama-sama. “Saya merasa sangat senang bisa hadir di acara ini. Melihat kebersamaan dan semangat para santri membuat saya merasa bangga,” ujar salah satu wali santri dengan wajah penuh kebahagiaan.

Gebyar Muharam 1446 H di Pondok Pesantren Daarus Salam 2 Omben Sampang berhasil menjadi momen yang penuh makna dan kebahagiaan. Perayaan ini tidak hanya menjadi ajang untuk menyambut tahun baru Islam, tetapi juga mempererat tali silaturahmi, meningkatkan spiritualitas, dan menumbuhkan rasa kebersamaan. Dengan berbagai rangkaian acara yang penuh makna dan kemeriahan, perayaan ini berhasil membawa kebahagiaan dan semangat baru bagi seluruh komunitas pondok pesantren. Semoga acara ini menjadi inspirasi bagi perayaan-perayaan berikutnya dan terus memberikan dampak positif bagi semua yang terlibat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari sakalangkong.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Guru Indonesia", caranya klik link https://t.me/guruindonesiagroup, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Posting Komentar untuk "Gebyar Muharam 1446 H : Harmoni Spiritual di Pondok Pesantren Daarus Salam 2 Omben Sampang"