Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

POLA PASRAH

sakalangkong.com - Sebuah website bermodal semangat untuk mengumpulkan yang tercecer menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk kemajuan pendidikan Indonesia.

sakalangkong.com menyampaikan banyak terimakasih (sakalangkong) kepada guru-guru Indonesia yang tanpa kenal lelah mengabdi untuk negeri. Semoga menjadi amal ibadah yang diterima disisi Allah SWT. Aamin.

Sebagai ungkapan rasa syukur sakalangkong.com akan berbagi artikel afirmasi berjudul "pola pasrah". Selamat membaca ya !
POLA PASRAH

Pada suatu masa, sebuah keluarga mengalami penurunan income sehingga menurun pula kemampuannya membayar banyak hal. Satu diantaranya adalah mencicil motor.

Awalnya dipertahankan sebab motor dianggap vital, penting sebagai kaki. Kalau tidak ada motor, pengeluaran justru semakin banyak sebab mesti pakai ojeg atau angkutan umum.

Bela-belain pinjam ke saudara untuk menutup tagihan motor yang sudah jatuh tempo, berharap bulan depan keadaan membaik. Kenyataannya, bulan berikutnya tak juga terbayar, sampai...

Di atas adalah kisah nyata dimana saya, Anda, atau siapa pun pernah mengalami situasi itu: penurunan income. Respon kita rata-rata sama: diawali rasa panik, lalu optimis berlebih, hingga putus asa, lalu...

Disini bedanya, ada yang berlanjut ke sakit atau stress, ada juga yang akhirnya kembali normal setelah memilih dekat dengan Sang Pencipta.

Kenyataan kita, seringkali dekat dengan Tuhan hanya saat ada masalah, saat merasa tak berdaya, disitulah kita memilih "terserah Engkau, hamba terima dan pasrah."

Kalau Anda perhatikan, setelah kata-kata itu selalu ada keajaiban. Apa keajaibannya? Anda boleh share atau cerita di kolom komentar ya.

Sebenarnya ini adalah POLA. Saya sadar bahwa ini pola sebab pernah mengalami situasi seperti turun income berulang kali di masa lalu, dimana saat mengangkat beban sendiri rasanya capek, menyakitkan, tapi tak menghasilkan.

Lalu ketika memilih pasrah, sekonyong-konyong masalah selesai sendiri. 

Pertanyaan saya saat itu, apakah artinya tak perlu usaha? Disini saya akan paparkan polanya sebagai pelajaran kita bersama.

Ibarat shalat bagi ummat Islam, ada gerakan, ada bacaan, ada kekhusyuan. Khusyu artinya merasa melihat Allah atau setidaknya merasa diawasi Allah.

Bila seseorang shalat hanya gerakan dan bacaan, tapi pikirannya menerawang kemana-mana, ini disebut tidak khusyu. Apalagi sampai tersenyum sendiri karena memikirkan stand up komedi yang ia tonton.

Pun bila seseorang khusyu merasa diawasi Allah, tapi gerakannya dan atau ucapannya bukan shalat, maka tidak disebut shalat. Artinya selalu melibatkan gerakan atau saya sebut tindakan, ucapan, serta pikiran dan perasaan.

Pola pasrah yang mengundang keajaiban, ternyata mirip dengan pola shalat. Dimana gerakan atau dalam hal ini usaha, bukanlah penentu keberhasilan. Tapi tetap ada.

Memang usaha tetap ada, tapi tidak dianggap sebagai penentu keberhasilan hasil akhir. Tapi tetap ada, tetap ikhtiar atau usaha. Lalu ucapan menyertai dengan kalimat positif atau selftalk positif. Terbaik adalah dzikir.

Selanjutnya inilah penentunya, yaitu Allah sebagai tujuan atau penentu keberhasilan. Allah menjadi pengisi ruang pikiran dan perasaan, makanya tenang saat memilih pasrah. Sebab percaya dengan kebaikanNya.

Jadi saat seseorang berikhtiar, baik dalam kondisi terjepit maupun lapang, manakala ia mampu mengontrol ucapannya dengan kalimat baik, terlebih mengontrol hati dan pikirannya kepada Tuhan, maka usahanya selalu menghasilkan keajaiban.

Ajaib artinya hasil yang diperoleh lebih besar dari usaha yang dilakukan. Sekali lagi, pasrah. Pasrah artinya terpaut hati dan pikiran kepada Tuhan, menjadikan Tuhan sebagai faktor keberhasilan usaha.

Sehingga meskipun motor diambil leasing melalui serangkaian drama yang mencekam, tapi saat hati terpaut kepada Allah, memilih pasrah kepadaNya dengan tetap ikhtiar terbaik, tetap dzikir terbaik, ada peluang bisnis terbuka terang benderang.

Akhirnya dalam waktu relatif singkat, kondisi finansial meningkat lagi bahkan bisa memiliki motor dengan cash. Alhamdulillah.

Jadi pasrah itu apa? 

Silahkan jawab ya.

Terima kasih
Ahmad Sofyan Hadi 
Penulis Buku Reset Hati Instal Pikiran

Download Free Ebook "Temukan Mentalblock melalui Analisa Tanda Tangan ''


­čĆíKELAS AFIRMASI ONLINE
Dengan visi besar "Memutus Rantai Kekerasan dalam Rumah Tangga"

Posting Komentar untuk "POLA PASRAH"