Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Rengginang Lorjuk, Kuliner Khas Madura yang Unik dan Lezat

sakalangkong.com - Sebuah website bermodal semangat untuk mengumpulkan yang tercecer menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk kemajuan pendidikan Indonesia.

sakalangkong.com menyampaikan banyak terimakasih (sakalangkong) kepada guru-guru Indonesia yang tanpa kenal lelah mengabdi untuk negeri. Semoga menjadi amal ibadah yang diterima disisi Allah SWT. Aamin.

Sebagai ungkapan rasa syukur sakalangkong.com akan berbagi informasi tentang rengginang lorjuk khas Madura  yang sudah sangat terkenal. 

Rengginang lorjuk adalah salah satu kuliner khas Madura yang unik dan lezat. Rengginang ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan ikan lorjuk, yaitu sejenis ikan kecil yang memiliki aroma khas. Rengginang lorjuk biasanya berbentuk mangkuk dan berwarna cokelat keemasan.

Rengginang lorjuk memiliki cita rasa yang unik, yaitu perpaduan antara rasa gurih dari ikan lorjuk, manis dari gula pasir, dan gurih dari kelapa parut. Rengginang ini biasanya disajikan sebagai camilan atau lauk pendamping.

Rengginang lorjuk berasal dari Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Madura. Rengginang ini sudah ada sejak zaman dulu dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Madura yang banyak diminati wisatawan.

Proses pembuatan rengginang lorjuk cukup sederhana. Pertama, beras ketan dicuci bersih dan dimasak hingga matang. Setelah itu, beras ketan dicampur dengan ikan lorjuk yang sudah dihaluskan, rempah-rempah, dan gula pasir. Adonan tersebut kemudian dibentuk menjadi mangkuk dan digoreng hingga matang.

Rengginang lorjuk memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Ikan lorjuk merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, rengginang lorjuk juga mengandung karbohidrat dan serat yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Rengginang lorjuk merupakan salah satu kekayaan kuliner Indonesia yang patut dilestarikan. Rengginang ini tidak hanya memiliki cita rasa yang unik, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih rengginang lorjuk yang berkualitas:

  • Pilihlah rengginang lorjuk yang memiliki bentuk yang bulat dan rapi.
  • Rengginang lorjuk yang berkualitas memiliki warna cokelat keemasan yang merata.
  • Rengginang lorjuk yang berkualitas memiliki aroma ikan lorjuk yang khas.
  • Rengginang lorjuk yang berkualitas memiliki cita rasa yang gurih dan lezat.

Rengginang lorjuk dapat dibeli di berbagai toko oleh-oleh di Madura. Rengginang ini juga dapat dibeli secara online.


Posting Komentar untuk "Rengginang Lorjuk, Kuliner Khas Madura yang Unik dan Lezat"