Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

TIDAK ADA EPISODE KETIGA

Sakalangkong.com - Jejak dunia.  Manusia hakikatnya hanya menerima dua jenis ujian saja. Yaitu diuji dengan kesenangan, dan diuji dengan kesempitan. Mungkin saja salah satunya, tetapi bisa jadi keduanya. Yang jelas, tidak ada jenis ujian ketiga.

Pada zaman Rasulullah, ada seorang laki-laki miskin bernama Tsalabah. Saking miskinnya, sampai dia hanya punya satu sarung yang dipakai bergantian dengan istrinya setiap shalat. Tsalabah sebenarnya sedang diuji dengan kesempitan.

Dia datang memohon doa kepada Rasulullah, tetapi Rasul justru menasehati agar bersabar. Sampai sekian lama dia terus mendesak Rasulullah agar mau mendoakannya.

Rupanya Tsalabah tidak berhasil melewati ujian di episode pertama ini. Sampai akhirnya Rasul mendoakan agar diangkat kemiskinannya.

Singkat cerita jadilah Tsalabah peternak kambing terkaya di tanah arab. Kesibukannya sebagai pengusaha membuatnya jauh dari masjid, bahkan kemudian ia memutuskan pindah jauh dari Madinah.

Tsalabah sebenarnya sedang diuji dengan kesenangan. Rupanya Tsalabah tidak berhasil melewati juga ujian di episode kedua ini. Maka berakhirlah kisah Tsalabah.

Saudara, sungguh sejarah adalah guru terbaik. Dari kisah Tsalabah kita belajar bahwa kehidupan hakikatnya hanya terdiri dari dua episode ujian yang selalu datang silih berganti.

Saat diuji dengan kesempitan jangan lupa bersabar, dan saat diuji dengan kesenangan jangan lupa bersyukur.

Hati-hati jangan sampai kita tidak bisa menempuh kedua episode tersebut, karena tidak akan ada episode ketiga.

Salam Hijrah.
⏰ Waktunya bangun dan berubah dari tidur panjang kita!

📌Ustad Arafat

Posting Komentar untuk "TIDAK ADA EPISODE KETIGA"