Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tim MBKM Magang Desa Klompang Barat Universitas Trunojoyo Madura Melakukan Sosialisasi Tentang Digitalisasi Dan Branding Untuk Pengembangan Desa Dan Usaha Di Era Digital


sakalangkong.com - Untuk Guru Indonesia. Mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura yang terbentuk dalam sebuah tim MBKM Magang Desa Klompang Barat mengadakan sosialisasi tentang pentingnya sebuah digitalisasi dan branding untuk pengembangan desa dan usaha di era digital yang dilaksanakan di Balai Desa Klompang Barat (24/09/2023).

Sosialisasi ini dilaksanakan agar masyarakat desa khususnya perangkat desa sendiri menyadari pentingnya memanfaatkan digitalisasi dalam melakukan branding desa ataupun usaha-usaha kecil yang ada di desa Klompang Barat. Dalam sosialisasi ini tentunya membahas tentang pentingnya branding desa yang didalamnya terdapat potensi untuk menjadikan sebuah desa wisata serta dapat memperkenalkan budaya-budaya yang ada di desa tersebut dengan memanfaatkan digitalisasi di era digital ini yang bertujuan untuk mengurangi kesenjangan teknologi antara peerkotaan dan pedesaan, meningkatkan taraf hidup, dan menciptakan peluang ekonomi di desa-desa. Pihak Desa menyambut dengan antusias dengan diadakannya sosialisasi ini. Sosialisasi ini dihadiri oleh perangkat desa, lembaga-lembaga yang ada di Desa Klompang Barat, serta Dosen Pembimbing Bapak Moh. Wahyudi Priyanto, M.Sc selaku pemateri pada acara sosialisasi ini. Dengan adanya sosialisasi ini dapat membantu Desa Klompang Barat untuk dapat mengembangkan potensi yang sudah ada dengan memanfaatkan digitalisasi. 
Bapak Farid yang mewakili Kepala Desa Klompang Barat, dalam sambutannya menyampaikan harapannya yaitu dengan diadakannya sosialisasi ini oleh Tim MBKM Magang Desa Klompang Barat Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura agar menambah inspiratif bagi pemuda-pemuda di Desa Klompang Barat serta menambah pengalaman dan ilmu-ilmu di desa Klompang Barat.

Hal tersebut dapat diwujudkan dengan cara membantu menyadarkan masyarakat bahwa suksesnya dalam pengembangan potensi desa melalui digitalisasi dan branding desa jika msyarakat juga mendukung serta ikut bekerja sama didalamnya. 
“Digitalisasi itu penting, dikarenakan masyarakat zaman sekarang sudah mempunyai handphone. Dengan adanya Mahasiswa UTM diharapkan dapat memberikan nuansa baru di Desa Klompang Barat,” ungkapnya.

Narasumber pada sosialisasi ini merupakan dosen pembimbing Tim MBKM Magang Desa Klompang Barat yaitu Bapak Moh. Wahyudi Priyanto, M.Sc. Beliau menyampaikan bahwa pentingnya Digitalisasi Dan Branding Untuk Pengembangan Desa Dan Usaha Di Era Digital yaitu sebagai langkah awal dalam memajukan dan mengembangkan potensi desa.
“Ada program dari pemerintah untuk mendukung digitalisasi desa namanya Smart Village Nusantara untuk menjadikan desa pintar. Digitalisasi desa bertujuan untuk mengurangi kesenjangan teknologi antara perkotaan dan pedesaan, meningkatkan taraf hidup, dan menciptakan peluang ekonomi di desa-desa. Program ini sering melibatkan kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, LSM, dan masyarakat setempat,” tuturnya. 

Ia menambahkan, untuk mewujudkan hal tersebut dapat dimulai dari pembuatan logo desa, sosial media desa, serta website desa. Lalu, dalam melakukan pengembangan usaha di Desa Klompang Barat dapat memanfaatkan Tim MBKM Magang Desa Klompang Barat untuk membantu dalam pembuatan legalitas usaha, dikarenakan pada era digital ini dalam melakukan sebuah branding dapat dimulai dari pembuatan legalitas usaha terlebih dahulu.

“Masyarakat memiliki peran penting dalam meningkatkan kemajuan dan pengembangan desa yaitu dengan cara memberikan kontribusi nyata disetiap program kerja,” ujarnya. 
Sementara itu, anggota Karang Taruna Klompang Barat, David menyampaikan bahwa Pada UMKM Masyarakat yang berjualan hanya mengikuti tren sehingga enggan untuk membuat inovasi atau sebuah brand sendiri agar menjadi viral. 
“Saya berharap pelaku UMKM tidak hanya mengikuti sebuah trend yang ada, akan tetapi bisa menciptakan sebuah produk baru melalui inovasinya sendiri dan produk tersebut menjadi viral,” ungkapnya 

Sosialisasi ini dihadiri oleh sekitar 25 orang diantaranya perangkat desa, lembaga-lembaga, PKK, dan Karang Taruna.
Adapun narasumber dari sosialisasi ini adalah dosen Program Studi Agribisnis fakultas Pertanian universitas Trunojoyo Madura.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari sakalangkong.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Guru Indonesia", caranya klik link https://t.me/guruindonesiagroup, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Posting Komentar untuk "Tim MBKM Magang Desa Klompang Barat Universitas Trunojoyo Madura Melakukan Sosialisasi Tentang Digitalisasi Dan Branding Untuk Pengembangan Desa Dan Usaha Di Era Digital"